Saturday, February 9, 2013

Kelas Inspirasi (bag.2)

Think Big, start small, act now :D

Photo courtesy of Binbin Mariana @binbinmariana


Ini dia penampakan SD-52 yang akan mengajar di SD 01 BenHil 20 Feb.2013 mendatang. Berpose seusai briefing siang tadi, bersama Fasilitator dari Indonesia mengajar, mas Jaim (memang ini panggilannya!).

Profesi kami beragam, ada yang Treasurer Bank dan Diver, Ahli Kuliner, Crafter, GM, Reservoir Engineer, Reporter/Penulis, Manager, kita disatukan dalam kelompok SD-52. Lewat serangkaian acara interaktif yang dirancang panitia KI-2, kami harus cepat saling mengenal satu sama lain.


Briefing siang tadi benar-benar menggugah rasa kebangsaan. Betapa tidak? Menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama 800-an orang. Momen langka yang membuatku merinding, menyadari bahwa orang sebanyak ini punya satu tujuan yang sama: berbagi mimpi, berbagi inspirasi.

Photo courtesy of Gina Santika @cinotbelenot


Banyak banget pesan yang bisa diserap dari kata sambutan Anies Baswedan, bahwa saatnya kita memberikan kontribusi nyata buat bangsa ini.

Dan bahwa sesuatu  yang dilakukan yang datang dari hati pasti juga akan sampai ke hati. Apa yang akan kita bagi pada anak-anak SD nanti, mudah-mudahan juga jadi kenangan yang berbekas di hati. Bukan di hati para relawan saja, yang penting di benak tiap anak :)

Bukan ukuran raksasa yg memberikan impact besar,tp ketulusan dan keseriusan yg mengubahkan. Kalimat ini juga masih terngiang di kepala . Kesempatan menjadi agen perubahan. Kesempatan untuk menularkan keberanian untuk menyiram imajinasi dan menumbuhkankreatifitas. Kesempatan untuk melihat banyak profesi yang menyenangkan, dan mungkin mulanya tak terbayangkan. Seperti tweet  Bobby Hartanto, pengajar muda yang tadi beri pengarahan yang menarik untuk sita perhatian anak-anak : Creativity related with curiosity. Huruf pertama dan terakhir C (see) dan Y (why).

Kemarin kami diberi banyak pembekalan yang menarik, yang bisa diaplikasikan kalau nanti sudah turun ke lapangan dan berinteraksi langsung dengan anak-anak.
Mulanya diterangkan Tujuan Program Kelas Inspirasi, 7 Prinsip Kelas Inspirasi, dan Tugas Relawan.
Untuk Tugas Relawan ini dijabarkan lagi tugasnya, mulai dari Persiapan, Pelaksanaan, Tugas Kelompok dan Refleksi.

Panitia KI benar-benar menyiapkan relawan untuk siap membantu sekolah yang didatangi, dan menekankan supaya lewat observasi yang matang sebagai guru tamu yang mengajar sukarela kami tidak akan malah merepotkan aktivitas rutin mereka.

Teknik pengajaran juga harus yang mengandung konsep konkrit, karena anak-anak SD belum bisa berpikir sesuatu yang bantuknya abstrak. Jadi sedapat mungkin kemasan materi konteksnya disesuaikan dengan usia dan dengan cara yang menyenangkan, supaya mereka bisa menerima penjelasan yang diberikan. Cara penyampaiannya juga harus tepat, dan ada trik-trik yang diajarkan saat briefing supaya anak-anak tidak cepat bosan dan tetap fokus. Kemarin juga diajari tips manajemen kelas dengan memanfaatkan Zona Alfa dan Signaling yang seru. Ini tidak mudah, karena anak-anak memang cenderung mudah terdistraksi, tapi hal ini bisa diakali dengan tips manajemen kelas yang menarik, struktur pengajaran B-O-M-B-E-R-B dan metode pengajaran yang tepat.

Melihat dan menjadi dari bagian orang-orang hebat di KelasInspirasi dan bisa berbagi kesempatan ini adalah suatu kehormatan dan pengalaman tersendiri buatku.

0 comments:

Post a Comment