Monday, May 21, 2012

Pilih mana?

Baiklah, setelah melakukan pengamatan dan banyak trial and error di beberapa blog lain, aku bisa menyimpulkan beberapa hasilnya di sini. 

Menurut hasil obrolan dan survei kecil sih, pengguna Xanga biasanya para penggunanya lebih muda dibanding LiveJournal, tapi kurasa itu tergantung kebiasaan dan kenyamanan tiap penulis aja kali ya. 

Live Journal

  1. Situsnya sangat user friendly. Mudah dibaca, ngga bikin panik navigasinya. Begitu kita masuk dan login, udah langsung disuguhkan menu di bar kiri dan yang paling membantu ada kolom Help & Support dengan FAQ yang sudah diatur kategorinya. Sungguh membantu dan ramah bagi pemula.
  2. Tampilan? So-so. Ngga seperti blogspot yang menawarkan cara mudah ganti tema dynamic yang keren, atau sefleksibel pilihan template Multiply.
  3. Saat akan membuat tulisan baru, kolom penulisannya lega, ada pilihan mood saat menulis tulisan (ini yg menarik dari LJ--meski ga guna, sih), bisa import gambar dari photobucket (hosting gratisan buat upload foto, semacam picasa), ada comment screening untuk atur siapa yang bisa baca tulisan kita dan siapa yang bisa menambahkan komentar di sana (bahkan bisa ban/ usir orang tertentu yng mungkin dirasa mengganggu!), bisa crosspost ke FB dan twitter. Kekurangannya, ngga seperti MP, letak foto ga bisa diatur posisinya.
  4. Keunggulan lainnya, di LJ ada komunitasnya. Kita bisa search mau cari komunitas apa saja. Bisa bergabung atau cuma sekedar membaca isinya saja. Tiap komunitas keaktifannya tergantung para member yang berpatisipasi dan aktivitas para moderatornya. Biasanya sih kalau memang bagus, bukan cuma membernya yang banyak, tapi info berguna juga bisa banyak kita dapatkan di sana.
Blogspot
  1. Lumayan user friendly, navigasinya juga mudah, asal mau belajar bikin blog di sini enak juga kok.
  2. Tampilan cukup variatif, bisa customize juga dan ngga ribet caranya, malah sekarang ada dynamic view seperti blog-ku yang ini. Sungguh keren dan memanjakan mata.
  3. Kelemahan  blogspot menurutku dibandingkan MP sih interaksi satu sama lain. Akan sulit melihat notifikasi siapa aja teman yang baru update tulisan baru, kecuali kalau kita mau kunjungi blog mereka satu persatu-- which is..repot! Jadi kayaknya blogspot sih buat yang mau nulis tanpa peduli siapa yang baca. hehee.. ---eh ada bloglist ding, bisa lihat tulisan mereka yang udah kita follow. tapi preview pane-nya ngga senyaman di multiply. 
  4. Postingan bisa di share di google+, twitter dan FB.

Xanga

As of August 15, 2011, Alexa Internet ranked Xanga as the 2,726th most visited site on the Internet. The site's ranking has continually declined for nearly four years. (no wonder, sih)
  1. Poor navigation! Situs ini mirip ala Livejournal, tapi pas awal ke sana, aku blas kayak orang tersesat dan ngga punya peta. Berasa masuk restoran self service. 
  2. Tampilan yang ditawarkan sungguh ga menarik. Ha! Ini buatku sih penting! Mau cari template? Harus memicingkan mata sambil pasrah mengambil pilihan yang gitu-gitu aja pembagiannya. Amat sangat membantu kalau mau rajin ngulik dan coba ganti background yang pas dan jenis huruf atau warna yang serasi. Blog-ku di Xanga seperti ini.
  3. Seperti MP, saat menulis tulisan baru bisa atur backdate/ timestamp dan atur privacy setting. Sedihnya, kalau bukan pengguna premium, friend list yang bisa diatur yang bisa baca postingan private kita jumlahnya ga lebih dari 10 orang saja. kalau mau tak terbata stentu harus bayar. Ngga kayak Multiply yang ga rese membatasi siapa yang mau baca, tapi sekarang lagi bikin deg2an, hehe... Oh I love MP so much dengan begitu banyak kemudahannya menambah teman !
  4. Keunggulan Xanga bisa photoblog, audioblog, pulse (mirip twitter atau note di MP kali ya, buat nulis sekalimat aja), dan blogrings. Social networking di sini mudah, dan notifikasi per komentar bisa kita terima kapan saja. Lucunya, kok aku bisa baca komen temanku buat temannya yang belum jadi temanku ya??

11 comments:

a b said...

LJ setelah dibeli perusahaan Rusia jadi sering kena DoS attack dan jadi sering down, An. Banyak temen LJ yg pindah ke dreamwidth.

♥ Anne M.Oscar said...

Oh iyakah? Thanks infonya.. Sayang sekali ya. Aku udah lama punya akun di sana, tapi udah lama juga kutinggalkan :( Iya dreamwidth mirip banget kan ya ama LJ.

ukhti hazimah said...

Kan blogspot ada fasilitas bloglist mbak. Jadi bisa tau update blog yang kita follow

♥ Anne M.Oscar said...

Oh iya, yang reading list, bukan ya maksudnya?

a b said...

Iya dan proses transfer dari LJ ke dreamwidth dibuat gampang, jadi sempet ada migrasi besar-besaran ke sana (termasuk komunitasnya juga).

fickle boon said...

pembatasan 10 orang itu bikin aku down :( hahahahaha...

ini nyambi lagi nyoba WP dan Dreamwidth sekarang, sebelum beneran kupindah semua hahahaha

♥ Anne M.Oscar said...

Iya deh, aneh banget.

ukhti hazimah said...

hmmm, bloglist sih mbak, di bagian 'add widget' kalau pas buka 'layout'

♥ Anne M.Oscar said...

ok nanti aku cari, thanks yaaa!

Dani Freaks said...

Punya BS dan baru bikin Xanga
dan setuju sama pengamatan mba Anne....

Tapi Xanga tampilannya yang paling mirip sama MP. Cuma entah kok navigasinya njelimet

fickle boon said...

XANGA karena limit pembaca yang diprotect itu, gw ilpil jadinya hahaha... lagi nyobain wordpress nih :D

BS gw gak klik :D gatau kenapa

Post a Comment